Kamis, 02 Juli 2015

Cara mengatasi Smartbilling yang error putus koneksi

Pusing tiba2 billing smartbilling gratisan gwarnet dari TAIGA yang terjadi hr ini jumat 1-3-2013? ERROR putus koneksi, cara mengatasinya cukup mudah, dikarenakan update otomatis dari program smartbilling server yang error, cukup instalasi ulang servernya, kemudian jalankan kembali smarbilling servernya, dengan catatan blok dulu koneksi internet yang ada di server billing dahulu (di internet options aktifkan centangan memakai proxy) agar program smartbilling server tidak bisa mengupdate otomatis. Pihak taiga sendiri tidak secara cepat merespon pelanggan gwarnet gold yang mengeluhkan masalah ini.

Langkah2 yang saya lakukan :



Install ulang smartbilling servernya ke folder lain dahulu.
Copy database dari folder lama (DataBase.sdf) ke folder yang baru.
Jalankan Smartbilling server (Smartlauncer.exe) di folder baru
1. Cek Modem Speedy dan RouterBoard Mikrotik 750
Periksa koneksi modem speedy Anda, jangan sampai ada yang hack modem speedy atau mengubah user name dan password modem speedy. Coba periksaMikrotik RB 750 Anda, jangan sampai kabel power tidak tercolok atau kabel LAN tidak bermasalah.
2. Periksa semua kabel LAN
Cek satu-per-satu kabel LAN, jangan sampai RJ-45 mengalami trouble atau tidak tercabut - baik itu kabel LAN yang ke server smart billing dan client smart billing.
3. Settingan UAC (jika menggunakan windows 7) dan Firewall di komputer server dan klien.
Nah, ternyata setelah saya cek semua point 1 dan 2 tidak ada masalah - saya kemudian mencoba untuk periksa setting  non-aktif atau tidak UAC di Windows 7 dan setting firewall windows di komputer klien dan server. Masalah koneksi terputus smart billing ini karena firewall disisi server.
4. Setting ulang IP Client di Smart Billing Server.
Setelah disable firewall windows di smart billing server, saya konfigurasi ulang IP di komputer server smart billing dan berhasil.

Catatan: Sebelumnya blok dahulu koneksi ke internet biar ngga bisa autoupdate smartbilling servernya.


Anda juga punya masalah seperti mazagenaNet? silahkan isi komentar di bawah.
Demikian lah, masalah dapat teratasi sementara, dan Warnet saya bisa beroperasi normal kembali.

1 komentar: